Jenis-Jenis Mesin Jahit Beserta Fungsinya

Jenis-Jenis Mesin Jahit Beserta Fungsinya – Mesin jahit adalah alat yang dibuat untuk membuat berbagai produk pakaian. Mesin ini memiliki fungsi untuk menggabungkan bagian-bagian kain menjadi sebuah pakaian seperti kemeja, celana, dan lain-lain. Dahulu, sebelum adanya mesin jahit, masyarakat menggunakan teknik manual, seperti hanya menggunakan jarum dan benang.

Jenis-Jenis Mesin Jahit

Seiring dengan berjalannya waktu, maka sudah banyak jenis mesin jahit yang telah beredar di pasaran. Tentunya hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan mesin jahit, juga mempersingkat waktu yang digunakan, sehingga proses menjahit menjadi lebih cepat. Hasilnya akan lebih baik dan lebih rapi. Berikut adalah Jenis-Jenis Mesin Jahit beserta fungsinya:

Jenis-Jenis Mesin Jahit Beserta Fungsinya

Mesin Jahit Klasik

Alat jahit klasik adalah jenis mesin jahit pertama yang telah ditemukan. Mesin yang satu ini masih menggunakan karet yang dihubungkan dengan tray yang ada di bagian bawah. Hal yang berfungsi untuk memutar pulley pada mesin jahit. Namun, baki ini digerakkan dengan berjalan kaki, sehingga baki dioperasikan secara manual. Awalnya, mesin ini hanya untuk menjahit rantai.

Namun, jahitan rantai dianggap mudah lepas seiring waktu, sehingga pakaian tidak bertahan lama. Oleh karena itu, penemu mesin jahit klasik terus berinovasi membuat mesin jahit klasik yang mampu menghasilkan berbagai jenis jahitan. Cara kerja mesin jahit klasik cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan baki di bagian bawah mesin jahit maka puli akan berputar.

Putaran katrol akan membuat jarum pada mesin bergerak sehingga membuat jahitan. Saat ini, banyak mesin jahit klasik yang menggunakan dinamo, sehingga tidak perlu memutar puli dan sangat efisien. Selain itu, harga mesin jahit klasik relatif murah, sehingga banyak orang yang masih menggunakan mesin ini untuk membuat pakaian atau menjahit pakaian yang sudah sobek.

Mesin jahit Berkecepatan Tinggi

Sesuai dengan namanya, mesin ini menggunakan kecepatan tinggi untuk proses menjahitnya. Dengan kecepatan yang telah dimilikinya, maka sebuah proses menjahit akan jauh lebih cepat selesai, dan pakaian yang dihasilkan pun akan jauh lebih rapi. Namun, untuk bisa menggunakan mesin jahit jenis ini diperlukan keahlian khusus agar jahitannya tidak berantakan.

Apa Saja Jenis-Jenis Mesin Jahit Beserta Fungsinya?

Jenis mesin jahit ini sangat cocok sekali untuk bisnis konveksi. Selain keunggulan kecepatannya yang tinggi, harga yang ditawarkan juga relatif murah untuk bisnis konveksi. Memang banyak bisnis konveksi yang menggunakan mesin jahit jenis ini karena kelebihan tersebut.

Mesin Jahit Digital

Mesin jahit digital adalah mesin jahit yang dilengkapi dengan sistem komputer dan menggunakan kecepatan tinggi untuk prosesnya. Biasanya mesin jahit digital juga memiliki banyak fitur yang akan membantu saat membuat pakaian. Menggunakan mesin jahit digital memang dianggap cukup membingungkan, namun seiring waktu Anda pasti akan memahaminya. Sebelumnya, Anda hanya perlu mengetahui tombol dan fitur mesin jahit digital untuk mengoperasikannya.

Mesin Jahit Overlock

Mesin Jahit Overlock adalah jenis mesin berkecepatan tinggi yang menghaluskan pinggiran pakaian dengan cara overlock dalam satu gerakan. Jika mesin jahit biasa menggunakan dua benang, mesin overlock menggunakan tiga benang atau lebih. Biasanya bagian pinggir mesin jahit ini dilengkapi dengan pisau. Pisau yang satu ini bisa menghasilkan jahitan yang jauh lebih rapi.

Mesin Jahit Overdeck

Mesin jahit overdeck menggunakan sebuah sistem pelumasan otomatis tertutup yang cukup lengkap. Drive utama menggunakan timing belt untuk menciptakan kecepatan tinggi dan mengurangi kebisingan. Mesin yang satu ini biasanya digunakan untuk menjahit resleting jenis nylon atau scallop, atau bisa juga digunakan untuk membuat baju berbahan dasar kaos.

Mesin Jahit Neci (Wolsum)

Alat jahit neci adalah jenis yang fungsinya sama dengan mesin overlock yaitu untuk menjahit pinggiran kain agar lebih rapi. Namun mesin jahit ini tentunya memiliki perbedaan dengan mesin jahit overlock. Perbedaannya terletak pada hasil. Hasil dari mesin neci tentunya lebih padat dan terlihat lebih bagus dari hasil dari mesin jahit overlock. Itulah ulasan tentang Jenis-Jenis Mesin Jahit beserta fungsinya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua dan saya ucapkan terima kasih.

Leave a Comment

Exit mobile version